Senin, 16 November 2009

Kegiatan Berenang dan Manfaatnya

Pendidikan Anak pada Usia Dini merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh orangtua. Hal ini dikarenakan pada masa-masa inilah seorang anak perkembangan otaknya sangat pesat. Rangsangan atau stimulasi positif dari lingkungan sekitar baik langsung maupun tidak sedikit banyak akan memberikan dampak pada kondisi kejiwaan anak.

Tanpa disadari, sedikit sekali orangtua yang benar-benar perduli terhadap masalah perkembangan otak anaknya. Padahal otak memiliki masa kritis untuk berkembang (Window of Opportunity) dan Bila masa kritis terlewatkan, maka kemampuan otak tidak akan optimal atau masa ini lebih dikenal dengan masa Golden Age, dimana masa ini terjadi yakni pada saat anak berusia 0 - 6 Tahun .

Penting diketahui bahwa perkembangan otak anak tidak hanya dipengaruhi oleh gen dan lingkungan saja, namun pengalaman atau informasi yang didapat anak juga mempengaruhi perkembangan otak . Pengalaman dan informasi yang menyenangkan akan membuat anak lebih fokus selama proses belajar.

Selain itu dalam beberapa penelitian menyebutkan gerakan tubuh yang cukup juga membuat otak anak lebih berkembang. Karena gerakan merekatkan kedua belahan otak yang memungkinkan anak menggunakan keduanya untuk menyampaikan informasi antara belahan otak kanan dan kiri. Alasan inilah yang menyebabkan anak usia dini harus bergerak untuk bisa belajar. Mereka bisa memperhatikan dan belajar jika mereka bebas untuk bergerak, duduk diam merupakan tekanan dan menghambat kemampuan mereka untuk menyerap seluruh informasi baru .

Seperti yang diungkapkan oleh Hendra Suryana S.Sos selaku kepala sekolah TB & TK Islam Internasional “Anak Taqwa” Al Azhar Banjarmasin menyatakan bahwa otak dan gerak memiliki hubungan yang erat dan merupakan hal penting dalam kehidupan tumbuh kembang. Keduanya dapat menjadi tolak ukur sebuah normalitas kehidupan seseorang.

Dalam beberapa kasus pada umumnya, tak dapat dipungkiri dalam pelaksanaan pembelajaran terkadang terdapat anak yang tak mau melakukan kegiatan belajar, bermain atau berolah raga, hal ini tidak menutup kemungkinan karena anak merasa bosan dengan model pembelajaran yang ada. Oleh sebab itulah kehadiran kolam renang merupakan suatu media yang tepat untuk memacu anak- anak untuk menggerakan seluruh anggota tubuhnya guna melatih perkembangan motorik kasar dan motorik halusnya dan sekaligus juga berpengaruh pada perkembangan otaknya.

Selain itu dengan adanya fasilitas ini kami juga secara tidak langsung meningkatkan kapasitas fisik anak karena dalam kegiatan berenang anak secara tidak sadar telah melakukan penguatan ototnya, meningkatkan ketangkasan, kecepatan, dan fleksibilitas tubuhnya.

Selanjutnya Hendra Suryana S.Sos mengungkapkan dalam usaha memaksimalkan tumbuh kembang pada anak juga perlu diperhatikan beberapa hal salah satunya yaitu tetap memperhatikan atau melihat kemampuan gerak anak sesuai dengan tahapan usia dan kemampuan anak. Tidak dibenarkan untuk memberikan penekanan-penakanan atau memaksakan anak melakukan kegiatan yang diluar dari tahap perkembangan usianya karena itu tidak menutup kemungkinan bedampak negatif bagi anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar