Kamis, 19 November 2009

Percobaan Sederhana Bangkitkan Semangat Belajar Anak

Taman bermain & Taman kanak-Kanak Islam Internasional “Anak Taqwa” Al-Azhar Banjarmasin setelah tepat 4 tahun berdiri dan terpilih sebagai PAUD Unggulan Tingkat provinsi kali ini Kembali menunjukan keseriusannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Kali ini dengan melakukan penambahan sentra baru yaitu Sentra Sains & Teknologi.

Tak dapat dipungkiri kemajuan teknologi saat ini mengharuskan kita untuk dapat ikut dalam arusnya begitu juga dengan dunia pendidikan anak. Pendidikan dan teknologi sudah merupakan suatu kesatuan dan tak dapat dipisahkan, pendidikan tanpa dibarengi dengan teknologi tentu tidak akan berjalan dengan baik begitu pula sebaliknya.

Seperti yang diungkapkan oleh Hendra Suryana S.Sos menyatakan bahwa dunia pendidikan itu dunia yang sangat luas, selama ini anak hanya belajar dari apa yang dia ketahui dari orang lain namun sedikit sekali anak belajar dari pengalamannya sendiri.

Anak merupakan individu baru, terdapat banyak pertanyaan dalam pikiran mereka dan biasanya pertanyaan mereka merupakan kejadian disekitarnya, misalnya seperti kenapa rambut kita bisa berdiri setelah digosok-gosokkan plastik tipis didekatkan dirambut kita, atau kenapa telapak tangan bila digosokkan terasa panas, atau kenapa benda jatuh selalu kebawah, atau kenapa warna merah dicampur kuning jadi jingga.. Bagi orang dewasa mungkin itu hal kecil, Namun bagi anak itu merupakan suatu pertanyaan besar dan perlu jawaban serta penjelasan yang nyata untuk memenuhi hasrat keingintahuannya.

Selanjutnya Hendra Suryana, S.Sos juga menambahkan untuk membangun suatu generasi yang mencintai ilmu pengetahuan maka harus dibangun sejak dini. Mungkin ada pendapat terlihat agak berat dan mustahil anak usia dini belajar sains & Teknologi, tapi bila saya boleh menjawab..itu Dulu..karena ”Main set” yang ada dipikiran kita saat mendengar Sains & Teknologi tidak jauh-jauh dari “Rumus” yang memusingkan.

Disini kami menawarkan pengajaran yang ringan, mudah dan menarik namun sarat dengan pengetahuan dan teknologi. Seperti air yang berpindah tempat dari satu tempat dengan tempat yang lain menggunakan pompa sederhana, pada saat bermain anak akan mengetahui proses perpindahan airnya dan mengetahui bagaimana cara penggunaan alatnya (pompa) dan anak akan mendapatkan jawaban dari pertanyaannya melalui pengalamannya dan itu sangat menarik bagi mereka, sehingga guru disini hanya sebagai fasilitator dan mengarahkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar