Selasa, 17 November 2009

TB & TKII "Anak Taqwa" Al-Azhar Banjarmasin Adakan Pekan Ramadhan Ceria


TB & TK Islam Internasional “Anak Taqwa” Al-Azhar Banjarmasin mengadakan sebuah kegiatan bernuansa Islami yang syarat makna didalam Bulan Ramadhan tahun ini. Kegiatan tersebut diberi nama “Pekan Ramadhan Ceria”. Adapun maksud dan tujuan dari pengadaan kegiatan ini adalah untuk memberikan berbagai informasi kepada anak tentang Bulan Ramadhan khususnya tentang ibadah wajib puasa, termasuk juga didalamnya ibadah lain yang dilaksanakan umat muslim pada bulan tersebut.
Pekan Ramadhan Ceria dikemas dalam bentuk yang cukup menarik dan penuh keceriaan namun syarat ilmu keagamaan. Materi yang disampaikan pun bermacam-macam diawali dengan materi tentang pengertian Ibadah puasa, manfaat puasa, mengapa umat muslim diwajibkan berpuasa, syarat syah puasa, hal-hal yang membatalkan puasa dan lain-lain.
Dalam pelaksanaannya, materi yang disampaikan tidak diberikan secara monoton, namun juga diselingi dengan praktek dan kegiatan yang menarik. Misal praktek puasa, yang diawali dengan membaca niat puasa, kegiatan makan sahur, dilanjutkan dengan ibadah sholat dan diakhiri dengan berbuka yang dilengkapi dengan doanya.
Pada kegiatan lain juga dilaksanakan kegiatan Begarakan Sahur, Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Silaturahmi, dimana anak-anak dalam kegiatan tersebut mencoba berperan sebagai pelaku sehingga dapat memberikan kesan dan makna yang mendalam bagi anak yang melakukannya.
Tidak hanya itu, dalam kegiatan Pekan Ramadhan Ceria ini pula di adakan kegiatan nonton Film Animasi Kartun Islami secara bersama-sama yang membahas tentang Keutamaan Puasa, Adab Puasa, Nuzulul Qur,an dan Lailatull Qadar dan diselingi dengan pembahasan setelahnya serta sesi tanya jawab.
Dengan diadakannya kegiatan Pekan Ramadhan Ceria ini diharapkan anak dapat memaknai, memahami dan memperoleh informasi yang lengkap mengenai ibadah puasa dan ibadah lainnya didalam Bulan Ramadhan yang tentu sesuai dengan perkembangan umur dan perkembangan psikisnya serta menjadi pemicu anak untuk lebih mencintai ilmu pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan tentang agamanya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar