Jumat, 20 Februari 2009

TB & TK Islam Internasioanal "Anak Taqwa" Al-Azhar Banjarmasin Menjadi Tempat Magang Pendidik PAUD Dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Pada tanggal 20 - 23 November 2008, Yayasan Al-Azhar mengadakan kegiatan magang di Taman Bermain & Taman Kanak-kanak Islam Internasinal “Anak Taqwa” Al-Azhar Banjarmasin. Magang ini diikuti oleh 17 peserta yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Dalam mengikuti magang ini, peserta magang dibagi kedalam 6 kelompok, yang dimana setiap kelompok terdiri atas 2 hingga 3 peserta. Setiap kelompok memasuki sentra berbeda disetiap harinya, hal ini bertujuan agar peserta magang dapat memperoleh gambaran dan pemahaman disetiap sentra yang dimasukinya.
Pada hari pertama hingga hari ke tiga setiap kelompok melakukan pengamatan secara langsung terhadap penerapan pembelajaran dengan metode BCCT oleh para pendidik TB & TK Islam Internasinal “Anak Taqwa” Al-Azhar, dari kegiatan awal yakni kegiatan diluar ruangan hingga kegiatan didalam ruangan.
Pada kegiatan di luar ruangan, peserta magang mengamati berbagai kegiatan misalnya anak bermain berbagai macam permaian, kemudian anak mulai membentuk lingkaran, mengucapkan ikrar, membaca doa, bernyanyi, senam pagi dan lain-lain.
Pada kegiatan didalam ruangan para peserta magang juga mengamati beberapa kegiatan, terutama pada saat pemberian pijakan main kepada anak. Dimana diawali dengan pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, saat main dan sesudah main. Pada tahap ini peserta magang lebih difokus dalam pengamatannya mengingat tahap ini merupakan tahap ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh seluruh peserta magang dalam penerapan BCCT.

Selain itu juga setiap akhir kegiatan pengamatan selalu diadakan evaluasi & diskusi mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode BCCT yang telah dilakukan dan juga pemberian materi pembahasan mengenai BCCT oleh Hj. Mahdalena, S.Ag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar