Kamis, 19 Februari 2009

Studi Banding & Magang TB & TKII "Anak Taqwa" Al-Azhar

Program pertama yang dilakukan oleh Yayasan Al-Azhar Banjarmasin setelah terpilih sebagai PAUD Unggulan Tingkat Provinsi yakni melakukan kegiatan studi banding dan magang dibeberapa sekolah unggulan. Studi banding dan magang ini dilakukan sejak tanggal 28 Januari hingga 2 Februari 2008. Dalam kegiatan ini diikuti oleh ketua umum Yayasan Al-Azhar Banjarmasin Ahmad Syakir, S.Ag dan Hj.Mahdalena, S.Ag serta mengikut sertakan seluruh pendidik TB & TK Islam Internasional “Anak Taqwa” Al-Azhar Banjarmasin. Adapun Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan para pendidik dalam rangka meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan kepada anak.
Dalam Pelaksanaannya, Yayasan Al-Azhar Banjarmasin melakukan studi banding di tiga sekolah, diawali di sekolah TPA Nu’aini (Yogyakarta) kemudian dilanjutkan ke TAAM Nurul Iman & Sekolah Alam dan Sains Al Jannah Islamic Full Days School (Jakarta) dan diakhiri dengan magang selama 4 hari disekolah Yarsi (Jakarta).

Studi Banding di TPA Nur’aini Yogyakarta
Pada Tanggal 28 Januari 2008, Yayasan Al-Azhar Banjarmasin berkunjung ke TPA Nur’aini . Disekolah ini anak dikelompokkan berdasarkan usia. Dalam hal penyajian tema, untuk Taman Kanak-kanak (TK) penyajian tema menyesuaikan dengan apa yang telah ditetapkan oleh Diknas, namun untuk Taman Bermain (TB) tema yang gunakan adalah tema dibuat sendiri oleh sekolah yang bersangkutan.

Studi Banding di Nurul Iman & Sekolah Alam dan Sains Al Jannah Islamic Full Days School (Jakarta)
Pada tanggal 29 Januari 2008, Yayasan Al-Azhar Banjarmasin melakukan studi banding di dua sekolah yang diawali di sekolah Nurul Iman. Disekolah ini pendidik TB & TK Islam Internasional Al-Azhar Banjarmasin mengamati tentang penerapan metode pembelajaran yang ada disekolah tersebut, selain itu pengamatan juga dilakukan di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM).
Kemudian dilanjutkan mengunjungi Sekolah Alam dan Sains Al Jannah Islamic Full Days School, disekolah ini banyak hal baru yang ditemui seperti pembelajaran yang dilakukan di alam bebas misalnya anak-anak belajar dibawah pepohonan sehingga tidak ditemui anak belajar di dalam ruangan seperti kebanyakan sekolah lainnya,sehingga dalam penerapannya anak didik tidak tertekan dan merasa senang dalam belajar. Selain itu sarana dan prasarana pembelajaran yang ada juga lengkap seperti adanya areal lahan pertanian yang cukup luas untuk anak bercocok tanam, kolam ikan, kolam renang, fasilitas outbond dan lain-lain.

Magang di Sekolah Yarsi Jakarta
Pada Tanggal 30 Januari hingga 2 Februari 2008, para pendidik TB & TK Islam Internasional Al-Azhar Banjarmasin melakukan kegiatan magang disekolah Yarsi. Dalam pelaksanaannya para pendidik TB & TK Islam Internasional Al-Azhar Banjarmasin melakukan pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan metode BCCT dan dilanjutkan memperoleh berbagai informasi lainnya mengenai metode BCCT oleh Direktur PAUD Yarsi Ibu T. Yulia Bambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar